Tuesday 20 January 2015

Presentasi Yudi

datamsdarmawan: Selamat Siang...
datamsdarmawan: dengan Sdr Yudi Saesar Syafrudin ?
Yudi Saesar: selamat siang juga bapak/ibu
Yudi Saesar: iya benar ini yudi saesar syafrudin
datamsdarmawan: Saya Sulchan dari PT MANDIRI CReASINDO
datamsdarmawan: Saudara dijadwalkan untuk melakukan prawawancara siang ini.
Yudi Saesar: benar bpk/ibu sulchan
Yudi Saesar: kira-kira prawawancara nya jam berapa ?
datamsdarmawan: 5 menit lagi kita mulai ya...
Yudi Saesar: ok
datamsdarmawan: kita mulai saja ya...
datamsdarmawan: biasa di panggil siapa nih ?
Yudi Saesar: saya biasa dipanggil yudi pak
datamsdarmawan: ok, mas Yudi pake ym di pc/laptop/smartphone ?
Yudi Saesar: saya pake ym di pc pak
datamsdarmawan: posisi dimana? apakah di rumah/kantor/lainnya sebutkan?
Yudi Saesar: posisi saya sekarang di rumah pak, rumah saya di kelapa dua depok
datamsdarmawan: sekarang masih kuliah ya?
Yudi Saesar: iya pak, saya kuliah lagi setelah lulus d3 oktober kemarin
datamsdarmawan: masuk malam atau sabtu/minggu ?
Yudi Saesar: kebetulan saya masuk hari sabtu saja, dari jam 14.00-20.00 pak
datamsdarmawan: rencana lulus kapan mas?
Yudi Saesar: rencana saya lulus tahun ini pak
datamsdarmawan: ok...
datamsdarmawan: pernah bekerja di berlima digital lab... ini perusahaan atau apa ya mas?
Yudi Saesar: perusahaan it startup pak
datamsdarmawan: berdiri sejak kapan?
Yudi Saesar: berdiri pada april 2014 pak
datamsdarmawan: lumayan baru ya... ada berapa SDMnya ?
Yudi Saesar: sesuai namanya pak, foundernya 5 orang + 1 karyawan kontrak. jadi totalnya 6 orang
datamsdarmawan: + anda jadi 7 ?
Yudi Saesar: benar pak
datamsdarmawan: status sekarang  masih bekerja disana?
Yudi Saesar: sudah tidak pak. kontrak saya selesai tanggal 23 januari pak
datamsdarmawan: tugas anda apa mas?
Yudi Saesar: tugas saya : membantu tim developer dalam mengerjakan project, ikut berkordinasi dengan tim developer dan tim design selama masa pengerjaan project
datamsdarmawan: kenapa kontraknya nggak diperpanjang ?
Yudi Saesar: kontrak saya tidak diperpanjang karena tidak cocok untuk project besar  mas, tapi saya akan berusaha memperbaiki kelemahan saya berdasarkan pengalaman saya tersebut
datamsdarmawan: tidak cocok berdasarkan evaluasi dari berlima digital lab?
Yudi Saesar: benar mas
datamsdarmawan: apa saja yg mas Yudi kerjakan disana?
Yudi Saesar: saya mengerjakan project e-budgeting mas
datamsdarmawan: saat bergabung, apakah proyeknya sudah dimulai?
Yudi Saesar: benar mas, sudah berjalan 1 bulan
datamsdarmawan: e-budgeting itu mengerjakan aplikasi ?
Yudi Saesar: iya mas, aplikasi berbasis web
datamsdarmawan: saat bergabung, codingnya udah dimulai?
Yudi Saesar: saat saya bergabung. baru dimulai dari frontend mas
datamsdarmawan: ok, mas Yudi mengerjakan bagian apanya?
Yudi Saesar: saya bagian backend mas
datamsdarmawan: bisa lebih detail lagi?
Yudi Saesar: bagian pembuatan coding dengan logic mas. misal pembuatan fungsi-fungsi.
datamsdarmawan: contoh bikin fungsi apa?
Yudi Saesar: misalnya fungsi hitung untuk menghitung total, grandtotal. dan add data dengan ajax
datamsdarmawan: apakah yg dikerjakan dalam 3 bulan itu sudah selesai?
Yudi Saesar: belum mas
datamsdarmawan: maksud saya, bagian yg anda kerjakan saja, bukan keseluruhan tim, apakah sudah selesai?
Yudi Saesar: oh, bagian yang saya kerjakan sudah selesai mas sebelum kontrak saya tidak diperpanjang
datamsdarmawan: berfungsi dengan baik bagian itu ?
Yudi Saesar: iya mas
datamsdarmawan: menggunakan apa mas codingnya?
Yudi Saesar: menggunakan netbeans mas
datamsdarmawan: bahasanya?
Yudi Saesar: php, jquery mas
datamsdarmawan: apakah sudah pake framework?
Yudi Saesar: sudah mas
datamsdarmawan: framework apa?
Yudi Saesar: pakai codeigniter mas
datamsdarmawan: mas Yudi sudah berapa lama pake codeigniter ?
Yudi Saesar: saya baru pakai codeigniter 3 bulan mas, tpi saya sudah terbiasa dengan codeigniter
datamsdarmawan: ok, kalo 6 orang lainnya itu posisinya sebagai apa saja?
Yudi Saesar: CEO, Project Coordinator, CTO, Art Director, Jr. Web Design, dan CEO Design
datamsdarmawan: yang berperan sebagai programmer CTOnya ?
Yudi Saesar: iya mas
datamsdarmawan: berarti programmernya 2 saja, dengan anda?
Yudi Saesar: benar mas, tetapi dibackup oleh Jr. Web Design
datamsdarmawan: ok... fungsi apa lagi yg anda bikin ?
Yudi Saesar: import data excel ke database, instalasi hmvc di codeigniter
Yudi Saesar: fungsi crud dengan datatables
datamsdarmawan: ada fungsi ekspor?
Yudi Saesar: tidak ada mas
datamsdarmawan: apa yg menyebabkan mereka berkesimpulan mas Yudi nggak cocok utk proyek besar ?
Yudi Saesar: jadi kemarin saya dapet kasus kayak gini mas
You have sent 1 photo to datamsdarmawan.
Untitled.png
Yudi Saesar: saya belum paham mengenai alurnya, tapi setelah saya lihat codingnya saya jadi paham
datamsdarmawan: bisa dijelaskan, yg anda kirim itu apa? lalu masalahnya apa?
Yudi Saesar: iya, jadi di detail itu jika kita pilih designation. maka akan langsung mengecek grup ke tabel designation, jika ada maka otomatis dapat tujuan dan harga. tapi saya belum pernah dapet struktur tabel terpisah. jadi saya tidak bisa mengerjakan mas
datamsdarmawan: struktur tabel terpisah ini belum ada di gambar yg mas Yudi kirim barusan?
Yudi Saesar: itu tabelnya sudah ada di gambar yang saya kirim. jadi saya bingung itu tabel travel_allowance kok bisa berelasi dengan designation. padahal tidak ada foreign key antara 2 tabel tersebut
datamsdarmawan: ok...
datamsdarmawan: gambar itu hanya ilustrasi yg ingin anda sampaikan, atau gambar itu memang merupakan dokumen yg dibikin oleh tim anda?
Yudi Saesar: itu hanya ilustrasi yang ingin saya sampaikan mas
datamsdarmawan: ok, dokumentasi yg sebenarnya ada?
Yudi Saesar: ada mas, tpi saya tidak diperbolehkan mempublishnya
datamsdarmawan: oh nggak, saya hanya ingin memastikan bahwa ada dokumentasinya saja...
datamsdarmawan: dokumentasinya apa saja yg sudah dibuat?
Yudi Saesar: dokumentasi berupa code mas. ada di subversion milik berlima. untuk data-data ada di dropbox saya
datamsdarmawan: oh berarti nggak ada dokumentasi ya...
datamsdarmawan: yg saya maksud dokumentasi contohnya dokumen ERD, DFD, dll...
Yudi Saesar: kalo itu bukan saya yang pegang mas. saya hanya dikasih raw datanya. sepertinya untuk erd, dfd dipegang oleh project coordinatornya mas
datamsdarmawan: ok, kalo dokumen desain sistemnya ada ?
Yudi Saesar: ada mas, tapi dalam bentuk excel.
datamsdarmawan: anda ditunjukkan dokumennya?
Yudi Saesar: iya mas, jadi ditunjukkan excelnya. nah sistemnya mengikuti template excel yg dibuat oleh tim berlima
datamsdarmawan: ada contoh screenshot backend yg anda buat mas?
You have sent 1 photo to datamsdarmawan.
Untitled2.png
datamsdarmawan: itu satu crud anda yg bikin ya? contoh yg domestic...
Yudi Saesar: benar mas
datamsdarmawan: ok, selain dengan berlima, ada produk lain yg pernah mas Yudi kerjakan?
Yudi Saesar: tidak ada mas
datamsdarmawan: hobinya apa mas?
Yudi Saesar: hobi saya internet dan ngoding mas
datamsdarmawan: kalo cita2nya apa mas?
Yudi Saesar: sistem analis mas
datamsdarmawan: berapa lama kira2 akan anda capai cita2 itu ?
Yudi Saesar: insya allah 5 tahun mas. untuk itu saya akan terus belajar dan belajar
datamsdarmawan: kebayang gak, apa tahapan yg akan mas Yudi lalui dalam 5 tahun kedepan?
Yudi Saesar: jika saya diterima diperusahaan bapak/ibu saya akan loyal dan belajar untuk mengasah skill saya.
datamsdarmawan: itu bukan tahapan...
datamsdarmawan: kalo belum kebayang gpp, gak usah dipaksakan.
datamsdarmawan: berapa gaji terakhir di berlima?
Yudi Saesar: rp. 2.500.000 mas
datamsdarmawan: berapa gaji yang anda harapkan?
Yudi Saesar: berdasarkan range gaji 3 juta - 4 juta saya menginginkan gaji 3,3 juta
datamsdarmawan: jika nanti anda diproses lebih lanjut dan diundang utk wawancara, apakah anda bisa mempresentasikan hasil coding anda?
Yudi Saesar: hasil coding yang dari berlima ya mas ?
datamsdarmawan: apakah ada hasil selain dari berlima?
Yudi Saesar: ada, tapi buat skripsi saya
datamsdarmawan: skripsi tentang apa?
Yudi Saesar: baru rencana sih
Yudi Saesar: sistem informasi manajemen data QC PT. Sandoz Indonesia
Yudi Saesar: tapi kalo dari berlima saya ada source code yang sudah tidak dipakai
datamsdarmawan: ok, jika memungkinkan silahkan bawa keduanya...
Yudi Saesar: siap mas
datamsdarmawan: ok, sebelum saya akhiri, apakah ada pertanyaan ?
Yudi Saesar: itu presentasi pakai slide, apa langsung source code ?
datamsdarmawan: langsung source code, karena kami ingin melihat style code anda...
Yudi Saesar: ok mas
datamsdarmawan: ok ada lagi ?
Yudi Saesar: kira-kira kapan jadwal interview akan diberikan ?
datamsdarmawan: nanti akan kita kabari lagi.
Yudi Saesar: ok mas.
datamsdarmawan: baik, kalo tidak ada lagi...
datamsdarmawan: saya ucapkan terima kasih atas waktu yang telah diluangkan untuk mengikuti prawawancara ini.
datamsdarmawan: kami akan melakukan review terhadap berkas lamaran dan hasil prawawancara hari ini.
Yudi Saesar: terima kasih juga atas kesempatan pra wawancaranya
datamsdarmawan: dalam maksimum 5 hari kerja kedepan, kami akan memberikan hasilnya melalui email.
datamsdarmawan: untuk itu, mohon diperiksa emailnya, baik inbox maupun spam folder, untuk memastikan tidak ada pemberitahuan yang terlewat.
Yudi Saesar: siap mas
datamsdarmawan: dengan demikian saya akhiri prawawancara hari ini.
datamsdarmawan: terima kasih.
datamsdarmawan is typing...
datamsdarmawan: dan semoga sukses.
Yudi Saesar: terima kasih juga atas kesempatan pra wawancaranya

No comments:

Post a Comment