Monday 20 May 2013

Satu Hari Satu Apel Menurunkan Kolesterol


Penelitian terbaru menunjukkan makan satu apel per hari dapat membantu menjaga diri anda dari kunjungan dokter ahli jantung



Dalam sebuah penelitian kesehatan pada orang dewasa berumur paruh baya, konsumsi sebuah apel sehari selama empat minggu menurunkan 40% kadar substansi darah yang berhubungan dengan pengerasan arteri.

Mengkonsumi kapsul yang mengandung polifenol, sejenis antioksidan yang ditemukan di apel, memiliki efek yang serupa namun tidak sebesar itu.

Penelitian yang didanai oleh sebuah kelompok industri apel menemukan bahwa apel mengurangi kandungan LDL, kolesterol jahat, teroksidasi pada darah. Ketika kolesterol LDL berinteraksi dengan radikal bebas sehingga menjadi teroksidasi, kolesterol tersebut lebih berpotensi menimbulkan inflamasi dan menyebabkan kerusakan jaringan.

Peneliti utama, Robert DiSilvestro, profesor dalam bidang nutrisi manusia di Ohio State University berkata, "Jika LDL teroksidasi, senyawa tersebut dapat memulai terjadinya atherosklerosis atau pengerasan arteri. Kita ternyata mendapatkan efek penghambat oksidasi LDL hanya dengan sebuah apel per hari dalam empat minggu."

Hasil yang mirip ditemukan baik untuk orang dengan arteri koroner normal maupun orang dengan penyakit arteri koroner, tambahnya.


Sumber: University of Ohio

Dikutip dari FoodBev

No comments:

Post a Comment